Kamis, 12 April 2012

Catatan Komunikasi Internasional


PROPAGANDA INTERNASIONAL
            Propaganda adalah usaha sistematis yang bertujuan untuk mengubah sikap, pandangan, dan tindakan suatu kelompok sasaran. Propaganda dilakukan melalui simbol-simbol verbal, tulisan, dan perilaku dengan menggunakan media massa. Istilah lainnya adalah informasi publik dan diplomasi publik.

PERBEDAAN JURNALISTIK DENGAN PROPAGANDA
1.      Jurnalistik        : berisi informasi yang mendeskripsikan suatu kejadian atau peristiwa berdasarkan fakta yang ada tanpa adanya pretensi lain
2.      Propaganda     : info diarahkan untuk tujuan atau kepentingan pihak tertentu dengan menggunakan normaa atau kode etik

FAKTOR PENDORONG
1.      Semakin dihindarinya penggunaan kekuatan militer dalam upaya penyelesaian konflik internasional
2.      Meningkatnya posisi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan
3.      Perkembangan sarana informasi

KLASIFIKASI PROPAGANDA
1.      NAME CALLING
2.      GLITTERING GENERALITY
3.      TRANSFER
4.      PLAIN FOLKS
5.      TESTIMONIAL
6.      SELECTION
7.      BRAND WAGON
8.      FRUSTATION SPACEGOAT

BENTUK PROPAGANDA
1.      Pelibatan melalui penanaman
Misal: menempatkan jurnalis yang dibayar pemerintah pada media
2.      Pelibatan  melalui persetujuan à media massa
Faktor: besaran, kepemilikan, dan orientasi keuntungan media massa, pengarug perikalanan, kebutuhan akan narasumber pemerintah, dan tekanan tidak formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on :