Kamu pasti
sering mendapat tugas paper, makalah, karya ilmiah, dari dosen. Bahkan
nanti kita juga harus membuat skripsi. Nah, salah satu bagian penting yang ada
pada itu semua tadi adalah daftar pustaka. Seringkali kita lupa aturan
penulisan daftar pustaka dan susah juga kan kalau harus menyusunnya satu
persatu sesuai abjad pengarang buku. Gara-gara tugas kuliah TI aku nemuin cara
bikin daftar pustaka secara otomatis, yang pasti cepat dan mudah. (Tapi cara
ini cuma bisa diterapkan di microsoft word keluaran 2007 ke atas. Kalo yang
masih 2003 aku nggak tau ya) Check this out!
1. Ketik judul datar pustaka, lalu pilih menu ‘reference’
2. Klik ‘manage source’
3. Lalu muncul kotak dialog seperti ini, lalu klik ‘new’:
4. Pilih ‘type of source’. Jika sumber berasal dari buku, pilih ‘book’.
Bisa juga dari web site, jurnal, article,
film, musik, dll.
. Isikan data buku di kolom yang tersedia (nama pengarang, judul, tahun, kota, penerbit). Kalo udah, OK.
6
. Jika mau menambahkan sumber lain, klik ‘new’, dan ulangi langkah yang sama.
7.
8.
Untuk membuat daftar pustakanya : klik ‘bibliography’, lalu klik ‘insert bibliography’
Maka hasilnya akan seperti ini:
9. Lalu edit agar sesuai dengan standard penulisan daftar pustaka
yang baku, misalnya ubah jenis font.
10. Lalu ubah indentasi menjadi ‘hanging’ dan spasi 1,5
11. Beri jarak 1 ketukan pada setiap data buku
12. JADI DEH!!! Gampang kan? Eh, jangan lupa style yang dipake itu APA,
supaya daftar pustakanya diurutkan sesuai nama pengarang.
Makasih ya infonya..
BalasHapusmakasih banyak buat infonya,,, nice post
BalasHapushttp://goo.gl/QuWuZL
Cara mengubah identasi menjadi 'haging' itu gimana mba??
BalasHapus