Kamis, 12 April 2012

Catatan Politik Pemerintahan Eropa (2 April 2012)


TERPECAHNYA DUNIA MENJADI DUA BLOK
Siapa yang bertanggung jawab terhadap pecahnya dunia? (barat vs timur, vietnam utara vs vietnam selatan, korea utara vs korea selatan, NATO vs pakta warsawa)
            Orang akan melihat sejarah perang dunia ke II yang diawali oleh Hitler di Jerman yang mengobrak-abrik kawasan eropa pada Perang Dunia II. Di Jerman pulalah perang dingin berakhir pada 1990an yang ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin. Itu sebabnya dikatakan dimulai di Jerman, diakhiri di Jerman pula.

Siapa yang bersalah?
1.      Hitler
2.      Jenderal Eisenhower
            Jika ia tidak menghentikan pasukan Perancis dan Inggris menuju Berlin, mungkin pasukan Uni Soviet tidak akan masuk Berlin juga. Namun jika ditelusuri dengan seksama maka kesalahan itu bisa dilimpahkan kepada AS, Inggris, dan Perancis di satu pihak dan Uni Soviet di pihak lain. Apalagi sembila bulan sebelum PD II usai, keempat negara sekutu ini mengeluarkan protokol London (12 September 1944) yang membagi Jerman ke dalam beberapa zona dan mengatur siapa yang berhak menguasai masing-masing zona. Sejarah menunjuk bahwa pembagian Jerman dalam empat zona pendudukan yang disepakati dalam protokol London yang menjadi cikal bakal terbaginya eropa dalam blok barat dan blok timur (The Berlin Controvercy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on :