Sabtu, 21 Mei 2016

Menurutku Golongan Darah O itu....



 Aku mencoba riset kecil-kecilan terhadap diriku sendiri yang merupakan salah satu anggota manusia golongan darah O. Mungkin ini nggak representatif, atau nggak semua manusia golongan darah O punya sifat yang sama (apalagi si O juga populasi terbanyak di antara golongan darah yang lain). Ya, semoga sedikit gambaran tentang golongan darah O ini bisa memberi sedikit pencerahan buat yang mau mengenal si golongan darah O lebih dekat.

Nb: Bukan riset ilmiah. Hanya riset berdasarkan pengalaman dan perasaan.

Kehidupan Pribadi dan Hubungan Sosial
1.      O terkesan anti sosial. Dia menutup diri dari khalayak umum, misalnya jarang keluar rumah, jarang nongkrong nggak jelas, dan pertemanannya terbatas, bahkan sering dituduh sombong. Padahal sebenarnya O ini fleksibel. Walaupun sifat aslinya tertutup, tapi ada kalanya dia bisa terbuka dan justru mudah bersosialisasi dengan orang lain. Kebanyakan orang justru salah sangka menganggap O sombong. Justru O adalah golongan yang paling down to earth dibandingkan golongan darah lain.
2.      O bisa dibilang punya kepribadian ganda. Dia mudah bersosialisasi, ramah, suka membantu orang lain, suka bercanda, dan selalu terlihat ceria. Tapi ketika sudah jenuh dengan semua itu, O mendadak diam. Itu saatnya O butuh menyendiri, lalu kembali seperti semula. O bagaikan robot yang perlu di-charge kalau baterai happy-nya habis.

3.      O sebenarnya nggak punya jiwa kepemimpinan. Dia lebih senang jadi anggota biasa-biasa saja. Dia malah nggak terobsesi pada jabatan tinggi. Tapi sifat O yang mudah dekat dengan orang lain, suka membantu, dan ramah membuatnya punya pengaruh kuat pada suatu kelompok. Dia bisa menggerakkan kelompok tanpa perlu sok jadi pemimpin atau bossy, makanya orang lain dengan sukarela mau mengikuti apa kata O. Bahkan terkadang, orang lain justru mempercayakan pengambilan keputusan pada O. Sifat O ini membuat dia ‘tanpa sadar’ sudah menjadi pemimpin (secret leader) atau pemimpin level akar rumput (apaan sih?). O berbakat jadi Tomas, alias Tokoh Masyarakat yang bisa dimintai petuah atau nasehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share on :