Sabtu, 10 Maret 2012

CARA MEMBUAT DAFTAR PUSTAKA OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MS.WORD 2007



            Kamu pasti sering mendapat tugas paper, makalah, karya ilmiah, dari dosen. Bahkan nanti kita juga harus membuat skripsi. Nah, salah satu bagian penting yang ada pada itu semua tadi adalah daftar pustaka. Seringkali kita lupa aturan penulisan daftar pustaka dan susah juga kan kalau harus menyusunnya satu persatu sesuai abjad pengarang buku. Gara-gara tugas kuliah TI aku nemuin cara bikin daftar pustaka secara otomatis, yang pasti cepat dan mudah. (Tapi cara ini cuma bisa diterapkan di microsoft word keluaran 2007 ke atas. Kalo yang masih 2003 aku nggak tau ya) Check this out!
1.      Ketik judul datar pustaka, lalu pilih menu ‘reference’

2.      Klik ‘manage source’

3.      Lalu muncul kotak dialog seperti ini, lalu klik ‘new’:

4.      Pilih ‘type of source’. Jika sumber berasal dari buku, pilih ‘book’. Bisa  juga dari web site, jurnal, article, film, musik, dll.
.      Isikan data buku di kolom yang tersedia (nama pengarang, judul, tahun, kota, penerbit). Kalo udah, OK.
6
.      Jika mau menambahkan sumber lain, klik ‘new’, dan ulangi langkah yang sama.
7.  
    
8.      
Untuk membuat daftar pustakanya : klik ‘bibliography’, lalu klik ‘insert bibliography’

Maka hasilnya akan seperti ini:

9.      Lalu edit agar sesuai dengan standard penulisan daftar pustaka yang baku, misalnya ubah jenis font.

10.  Lalu ubah indentasi menjadi ‘hanging’ dan spasi 1,5 


11.  Beri jarak 1 ketukan pada setiap data buku

12.  JADI DEH!!! Gampang kan? Eh, jangan lupa style yang dipake itu APA, supaya daftar pustakanya diurutkan sesuai nama pengarang.


3 komentar:

  1. makasih banyak buat infonya,,, nice post


    http://goo.gl/QuWuZL

    BalasHapus
  2. Cara mengubah identasi menjadi 'haging' itu gimana mba??

    BalasHapus

Share on :